Minggu, 01 April 2018

FILOSOFI DAN MAKNA LOGO


I.         Pengertian Logo
Logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah di ingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
 ” Logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya.” Menurut Sularko, dkk (2008: 6) dalam bukunya “How to They Think”
Sedangkan menurut saya, logo adalah sebuah identitas dari sebuah perusahaan, organisasi atau yang lainnya, yang membutuhkan sebuah gambara identitas. Biasanya identitas tersebut memiliki arti sendiri yang memang melambangkan sebuah organisasi tersebut.

II.      Fungsi Logo
Menurut John Murphy dan Michael Rowe “seperti dikutip Perdana, 2007, h. 13”, yaitu :
  •         Mengidentifikasi suatu perusahaan.
  •         Membedakan dari produk atau organisasi yang lain.
  •         Mengkomunikasikan informasi seperti keaslian, nilai dan kualitas.
  •         Menambah nilai.
  •         Mempresentasikan aset yang berharga.
  •         Properti legal suatu produk atau organisasi.


III.   Jenis-Jenis Logo
  •          Logotype : Logo yang hanya berbentuk teks.
  •          Logogram: Logo yang bergambar atau memiliki pola
  •      Gabungan : Logo yang mnggabungkan antara logotype dengan logogram, sehingga memiliki pola dan teks nya.


Berikut ini saya akan membahas filosofi dan makna dari sebuah logo perusahaan JCO, berikut penjelasannya :



I.         Sejarah
J.Co Donut & Coffee didirikan oleh salah seorang pengusaha salon asli Indonesia bernama Johnny Andrean. Ide untuk mendirikan J.Co Donut & Coffee berawal dari kebiasaan Johnny yang sering melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat. Kala itu Johnny gemar mencicipi berbagai donat khas Amerika. Dari kegemarannya tersebut, Johnny mulai terinspirasi untuk memulai bisnis donat khas Amerika.
Dari ide bisnis donat tersebut, awalnya Johnny berniat untuk menjalin kerjasama dengan waralaba donat asli Amerika. Namun ternyata harapan tersebut tak jadi diwujudkan karena adanya keterbatasan seputar varian produk dan proses pemantauan kualitas. Akhirnya Johnny Andrean memutuskan untuk memulai bisnis donatnya secara independen.

II.      Makna dari logo JCO
  •           Nama Merk : J.Co
  •           Slogan Perusahaan : Sharing The J.CO Way
  •       Analisis : Beberapa mengatakan logo J. CO Donuts & Coffee mirip dengan logo Starbucks. Batas melingkar mungkin sama, tapi bukan merek dagang. J CO Donuts & Coffee menggunakan simbol Merak dalam logo mereka. Merak di sini melambangkan keindahan, elegan, lembut dan keabadian. Keindahan dan kelembutan tercermin dari rasa dan bentuk donat. Sementara keabadian dapat dilihat dari loyalitas konsumen yang bersedia berdiri dengan antrian panjang di toko-toko untuk mendapatkan donat favorit mereka.
  •           Jenis : Gabungan, karna pada logo tersebut ada sebuah pola dan teks nya juga.


SUMBER :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar