Senin, 05 Maret 2018

ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS

ANIMASI


  I.      Pengertian
Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan.

”Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide.

Sedangkan menurut saya, “Animasi adalah sebuah gambar yang diberi pergerakan seakan hidup dengan alur yang berurutan.”

II.      Jenis – Jenis Animasi
Jenis – jenis animasi untuk teknik dasar, yaitu :
  1. Motion Path > adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
  2. Animasi Marque > animasi ini menampilkan sebuah objek teks yang dapat berjalan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. ( seperti tulisan selamat datang pada website)
  3. Animasi Fade > animasi yang membuat objeknya memudar. Dari yang awalnya terlihat jelas, namun lama kelamaan akan memudar atau hilang.
  4. Animasi Rotasi > adalah animasi yang membuat objek bergerak memutar 360 derajat.
  5. Animasi Blink > animasi ini membuat sebuah objek berkedip.
  6. Animasi Shape > adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
  7. Animasi Masking > adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.
Jenis animasi menurut Hofstetter, yaitu : 
a.  Frame Animation  > adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar. ( Jadi, frame animasi adalah sebuah tempat untuk diberikan sebuah objek yang berbeda, yang nantinya akan menjadi satu pergerakan )
b. Vector Animation > adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
c. Computational Animation > adalah suatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y.
d.  Morphing > adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.
Jenis animasi menurut teknik pembuatannya, yaitu :
a. Animasi Stop-motion > adalah animasi yang dilakukan dengan cara pengambilan gambar (foto) setahap demi setahap. Jadi pengambilan gambarnya dilakukan setiap melakukan pergerakan.
b.  Animasi Tradisional > tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
c.  Animasi Komputer > seperti yang kita ketahui, animasi komputer adalah animasi yang seluruh kegiatannya menggunakan komputer.
III.      Prinsip Utama pada Animasi
Ada 12 prinsip utama / syarat agar animasi terlihat seperti nyata :
a.    Waktu
b.    Percepatan dan Perlambatan
c.    Lengkungan
d.    Gerakan penutup sebelum benar-benar diam
e.    Gerakan Pelengkap
f.    Kelenturan
g.    Melebih – lebihkan
h.    Straight Ahead and Pose to Pose
i.      Gerakan Pendahulu
j.     Bidang Gambar
k.    Penjiwaan Karakter
l.      Daya Tarik Karakter


DESAIN GRAFIS


  I.      Pengertian
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.

”Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Menurut Suyanto.

“ Sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat. Menurut Jessica Helfand.

“ Desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi. Menurut Danton Sihombing.

Sedangkan menurut saya “ Suatu seni yang digunakan sebagai komunikasi visual, berupa beberapa objek dan teks agar penyampaiannya lebih mudah dan dapat dipahami.”

II.      Kategori Desain Grafis 
       Secara garis besar desain grafis di bedakan menjadi beberapa kategori, yaitu :
a.  Printing (Percetakan)  adalah yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,   pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
b.    Web Desain: desain untuk halaman web.
c.    Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
d.    Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
e.    Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
III.      Program Pengolah Grafis
Untuk pengolahan grafis berbeda – beda, tergantung dengan kebutuhan dan tujuan pembuatan karya tersebut. Berikut beberapa program pengolah grafis :
1)    Aplikasi Pengolah Tata Letak ( Layout )
Program ini sering digunakan untuk membuat brosur, poster, dan sebagainya. Dimana aplikasi tersebut dapat mengolah letak gambar dan teksnya.
2)   Aplikasi Pengolah Vektor / Garis
Program ini lebih fokus untuk garis. Program ini digunakan untuk pengolahan objek yang berhubungan dengan garis lurus maupun melengkung yang nantinya akan membentuk suatu objek.
3)   Aplikasi Pengolah Pixel / Gambar
Seperti yang kita ketahui program ini sering kita jumpai untuk mengolah sebuah gambar / foto. Namun program ini dapat juga mengolah teks dan garis.
4)   Aplikasi Pengolah Film / Video
Pada program ini digunakan untuk mengolah sebuah film, mulai dari pemberian efek, suara, sampau judul.
5)   Aplikasi Pengolah Multimedia
Program ini digunakan untuk mengolah sebuah karya multimedia yang nantinya akan di kemas dalam CD atau DVD. Olahan tersebut dapat berupa sebuah animasi, gambar, maupun film.
6)   Aplikasi Pengolah 3 Dimensi
Sebuah program yang dapat mengolah sebuah objek  3 dimensi. Dimana objek tersebut di olah agar terlihat lebih nyata dan hidup.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar